Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Koneksi internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Banyak sekali penyedia jasa internet di Indonesia seperti Indihome, Biznet, First Media dan lainnya. Namun tak dapat kita pungkiri bahwa dalam penggunaan internet ada beberapa masalah terkait dengan koneksi.

Salah satu keluhan pengguna internet yang sering terjadi adalah koneksi yang tidak stabil sehingga aktifitaspun akan terganggu. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi koneksi internet salah satunya adalah sinyal wifi yang kurang baik. Nah pada kesempatan kali ini Konektifa akan membagikan tutorial bagaimana cara memperkuat sinyal wifi.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi dengan Mudah

Sumber Gambar: Pixabay

Menggunakan Router Versi Terbaru

Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah dengan mengganti Router dengan yang versi terbaru. Teknologi yang dipakai pada router wifi biasa ditulis dengan tipe A, B, G, dan N. A/B/G/N melambangkan generasi dari masing-masing piranti wifi.

Biasanya dilambangkan sebagai IEEE 802.11a, IEEE 802.11b hingga IEEE 802.11ac. Apabila Anda penasaran dengan teknologi wifi Anda, silahkan Anda cek, jika Anda menemukan tulisan “acâ€, percayalah bahwa wifi Anda merupakan generasi termutakhir.

Pastikan juga saat Anda membeli router sudah support dengan teknologi versi terbaru dan tercepat yaitu dengan tipe N. Tipe ini menjelaskan tentang teknologi hardware yang digunakan dalam komponen wifi.

Letakkan Router Pada Posisi Yang Tepat

Dengan memindahkan router ke tempat yang terbuka bisa jadi merupakan cara memperkuat sinyal wifi yang mudah. Dalam hal pemasangan router, Anda tidak bisa meletakannya pada tempat yang sembarangan.

Pastikan router berada pada lokasi yang lebih terbuka dengan minim penghalang. Anda juga bisa meletakannya pada ruang tengah, meja, dinding, langit-langit atau tempat yang memiliki lokasi terbaik.

Selain itu, cara memperkuat sinyal wifi yang lainnya adalah dengan memposisikan antenna router secara tegak lurus, hal ini diyakini merupakan salah satu metode penguat sinyal wifi yang ampuh.

Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Cara lain yang bisa Anda lalukan adalah dengan menjauhkan perangkat yang dapat mengganggu sinyal wifi. Tahukah Anda bahwa perangkat elektronik ternyata dapat mempengaruhi kekuatan sinyal wifi.

Seperti microwave, TV, spekaer, radio, telepon wireless dan sebagainnya. Untuk itu Anda bisa meletakan pada lokasi yang jauh dari perangkat elektronik tersebut karena bisa melemahkan sinyal wifi.

Lakukan Kontrol Bandwidth

Mengkontrol bandwith adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani wifi yang lemot. Ada beberapa penyedia layanan internet yang memberikan FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar.

Jadi saat sudah mencapai batas FUP, kecepatan koneksi internet akan berkurang dengan sendirinya. Untuk itu Anda juga bisa melakukan pembatasan bandwidth sehingga koneksi internet Anda tidak semakin lambat.

Mengganti Channel WiFi

Menganti channel wifi bertujuan agar tidak terjadi gangguan antar jaringan wifi pada suatu lokasi tertentu. Jika Anda tahu bahwa setiap modem dan router ini menggunakan frekuensi 2.4 Ghz dan 14 channel yang bisa digunakan.

Dengan menganti channel wifi, Anda bisa memilih channel yang kosong atau sedikit penggunanya sehingga tidak terjadi rebutan sinyal yang mengakibatkan sinyal wifi menjadi menurun.

Mengganti Password Baru

Banyaknya user yang connect dalam satu router bisa berpengaruh pada kecepatan wifi. Ini terjadi karena router akan bekerja lebih keras karena ada banyak yang terhubung ke router. Solusinya adalah dengan menganti password wifi dengan yang baru, ini bertujuan agar orang-orang yang tidak berkepentingan tidak bisa terhubung ke wifi Anda.

Baca Juga: Cara Mengetahui Pengguna Wifi

Update Firmware

Apabila koneksi wifi sangat buruk, bisa jadi karena firmware yang ketinggalan zaman. Firmware seperti program yang ada pada komputer dan Smartphone Android. Perangkat hardware yang tidak memiliki firmware tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Untuk itu saat ada informasi update firmware terbaru, Anda bisa langsung segera untuk melakukan update, karena ini sebagai solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan dan bug yang terjadi pada firmware versi sebelumnya.

Reboot dan Restart Secara Berkala

Cara selanjutnya untuk memperkuat sinyal wifi yaitu dengan cara melakukan reset router. Hal ini mungkin salah satu penyebab koneksi wifi yang lemot diakibatkan oleh router yang bermasalah. Dengan melakukan reset router tersebut setidaknya akan mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat tersebut.

Selain itu, router nantinya akan jauh lebih baik dalam memancarkan koneksi internet sehingga membuatnya lebih cepat dan efisien. Meskipun ini sederhana tetapi sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki sinyal wifi yang kurang bagus.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Anda juga bisa menggunakan Aplikasi yang bisa memperkuat sinyal Wwifi, khususnya untuk Smartphone yang digunakan, selain mengandalkan router wifi. Untuk Anda pengguna Smartphone Android, ada bisa menginstall beberapa Aplikasi penguat sinyal yang mampu mempertahankan jaringan wifi agar tetap stabil.

Anda bisa mendownload Aplikasi tersebut di Play Store dan App Store. Berikut beberapa Aplikasi penguat sinyal wifi paling ampuh:

  • Wifi Doctor
  • Wifi Manager
  • Wifi Master
  • Wifi Signal Booster

Tambahkan Wifi Repeater

Nah cara yang terkahir saat sinyal wifi belum juga kuat, Anda bisa membeli perangkat jaringan bernama wifi Repeater. Alat ini berfungsi untuk meneruskan jaringan asal menjadi jaringan baru tetapi dengan kualitas sinyal yang lebih bagus. Ada banyak produk penguat sinyal yang dapat Anda temui di pasaran seperti produk dari TP-Link, Tenda, Xiaomi, D-link, Totolink dan lainnya.

Nah itulah cara sederhana untuk memperkuat sinyal wifi dengan mudah, semoga panduan yang kami berikan dapat membantu Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan komentar